Cara Tepat Menentukan Harga Rumah Sesuai Kemampuan

0
87
Cara Tepat Menentukan Harga Rumah Sesuai Kemampuan
Cara Tepat Menentukan Harga Rumah Sesuai Kemampuan

Membeli sebuah rumah memang tidak selalu terasa mudah, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan sedikit. Atau kepada mereka yang kesulitan untuk mengatur keuangan sehingga semua penghasilan selalu habis tak bersisa. Menghadapi masalah tersebut ada baiknya mencoba mengajukan rumah KPR ke Perumnas untuk mendapatkan tempat tinggal dengan harga terjangkau. Membeli rumah memang sangat penting menimbang harga sebab mempengaruhi kondisi kesehatan keuangan setelahnya.

Memilih hunian KPR dengan harga yang tepat juga membutuhkan perhitungan yang matang supaya selama kredit berjalan selalu membayar dengan lancar. Berikut tips menentukan kisaran harga KPR yang sesuai dengan kemampuan finansial:

  1. Menghitung nilai penghasilan,

Penghasilan seseorang memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan belinya, semakin besar semakin mudah membeli rumah dengan harga berapapun. Pastikan penghasilan yang dimiliki tetap dalam kondisi aman meski digunakan membayar cicilan rumah. Setidaknya setiap bulannya mampu menyisihkan sekitar 30% dari total penghasilan sehingga nilai tersebut. Bisa menentukan seberapa besar nilai cicilan rumah yang aman untuk diambil.

  1. Mengkalkulasikan semua pengeluaran,

Setelah penghasilan bersih yang diterima sudah diketahui dengan pasti kemudian berlanjut kepada penghitungan pengeluaran per bulannya. Ketika mendapati sisa penghasilan setelah dikurangi semua kebutuhan wajib maka itulah jumlah teraman untuk membayar cicilan. Konsultasikan dengan pihak Perumnas atau perbankan untuk mengetahui nilai uang muka yang diperlukan. Sesuai dengan besar cicilan yang sesuai dengan hasil perhitungan tadi, sehingga bisa aman selama kredit. Harga rumah yang sesuai mendukung jumlah sisa penghasilan tersebut menutup nilai cicilan.

Harga yang terbaik adalah harga yang tidak mencekik kondisi keuangan sebab jika dipaksakan akan mengalami kesulitan panjang sendiri. Resiko kredit macet, sampai kebutuhan hidup keluarga yang terbengkalai bisa di depan mata. Menata masa depan tidak selalu diawali dengan memaksakan diri membeli rumah perlu diperhitungkan dengan cermat. Kumpulkan uang sesuai kemampuan untuk nantinya dijadikan uang muka kemudian bisa membayar cicilan yang sesuai. Mendapatkan rumah KPR yang harganya sesuai isi kantong kini semakin mudah bersama deretan pilihan KPR dari Perumnas.

Tinggalkan Balasan