Cara Mudah Memasang Pagar BRC

0
176
pagar brc

Pemasangan pagar dilakukan sebagai pelindung juga penghias tambahan rumah kita. berbagai pilihan bentuk juga jenis bahan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda tentunya. Salah satunya ada pagar BRC yang paling simple dan mudah dalam pemasangannya. Karena jenis pagar yang satu ini masih bisa dilakukan oleh kita sendiri tidak perlu memanggil tukang khusus untuk pemasangannya.

Berikut ada beberapa langkah mudah pemasangannya :

1. Ukur lahan

Langkah pertama yang mesti anda lakukan adalah mengukur lahan yang akan di pasang pagar. Jadi anda perlu mempersiapkan alat seperti meteran yang panjang. Kemudian bagi menjadi beberapa bagian dengan berprinsip pada ukuran BRC yang akan anda beli. Biasanya standar ukuran BRC memiliki panjang 2,4 meter. Misalnya lahan yang akan anda pagari panjangnya 24 meter, maka jumlah pagar yang dibutuhkan adalah 24 meter : 2,4 meter = 10 lembar pagar.

2. Tambahkan ruang untuk tiang pagar

Setelah mengukur panjang lahan, selanjutnya anda membagi beberapa titik dengan patokan ukuran pagar. Misalnya setiap 2,4 meter akan dipasang tiag pipa besi, lebihkan beberapa centimeter untuk memberi ruang tiang pipa besi. Jika anda ingin menggunakan tiang beton, anda dapat mengatur sendiri berapa lebar tiang yang diinginkan.

3. Menggali lubang untuk tiang

Anda bisa menancapkan patok sebagai tanda untuk menggali lubang supaya tiang besi bisa berdiri dengan tegak. Anda harus memperhatikan ukuran lubang galiannya, minimal tiga puluh sampai empat puluh centimeter dari permukaan tanah atau anda bisa sesuaikan dengan kondisi tanah dan tinggi pagar. Jika kondisi tanahnya cukup keras, membuat lubang duapuluh sentimeter juga sudah cukup. Semakin tinggi ukuran pagar, maka lubang galian juga harus lebih dalam. Setelah galian sudah siap, anda tinggal memasang tiang dengan dibantu oleh kayu agar tiang tetap tegak dan tidak bergerak. Kemudian lakukan pengecoran di setiap tiang.

4. Pasang pagar

Setelah coran dirasa kering, anda bisa langsung memasang pagar dengan klem dan baut pada tiang besi yang telah dipasang. Berbeda jika anda menggunakan tiang beton, yang anda perlukan klem u-clip dan dynabolt untuk memasang pagar.

Semoga langkah-langkah diatas dapat menjadi tolak ukur anda dalam memasang pagar BRC untuk rumah anda. Tentunya dalam setiap aktivitas memerlukan ilmu dan pengajaran agar kita mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan