Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Buncit Pada Wanita

0
156
Cara Mengatasi Perut Buncit Pada Wanita

Wanita memiliki bentuk tubuh dan hormon yang berbeda dari laki-laki. Ternyata ada beberapa penyebab khusus mengenai perut buncit pada wanita. Jika kita sudah mengetahui tentang penyebabnya maka kita bisa lebih mudah untuk mengatasinya. Mari kita bahas tentang penyebab dan cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Ada beberapa hormon yang ternyata berkaitan dengan lemak perut pada wanita. Memang bukan hanya sekedar hormon, penyebab lain seperti kalori berlebih juga perlu diperhatikan. Jadi untuk menghilangkan lemak pada perut buncit harus mengurangi kalori dan menyeimbangkan hormon. Untuk menghilangkan lemak yang sulit, kita perlu mengetahui hormon apa yang terlibat. baca juga cara mengecilkan perut bawah.

Berikut ini nama hormon pada wanita dan hubungannya dengan lemak tubuh.

  • Estrogen: seperti insulin membuat pengeluaran kalori menjadi lemak perut dan mengurangi hasil kalori dalam lemak daripada otot.
  • Estrogen dan progesteron: keduanya menghindari mengumpulkan lemak dan cortisol di perut.
  • Cortisol: berhubungan dengan stres dan lebih banyak stres akan lebih banyak cortisol dan membawa lebih banyak lemak perut.
  • Catecholamines(adrenaline dan nonadrenalin): dikeluarkan saat olahraga keras dan dapat menghancurkan lemak salah satunya lemak dalam perut.
  • Testosteron: pria yang memiliki hormon testosteron rendah akan memiliki perut besar, namun pada wanita yang memiliki hormon testosteron tinggi maka akan memiliki pinggul lebih tebal.

Langkah-langkah Mengecilkan Perut Buncit

Setelah mengetahui bahwa perut buncit dipengaruhi oleh hormon, selanjutnya kita perlu mempelajari langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini cara-cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Istirahat

Formula perut buncit wanita bisa ditulis dalam persamaan, (Lemak+Gula) x Stres = Perut Buncit. Jadi stres salah satu faktor yang berperan dalam menghasilkan perut buncit. Istirahat yang cukup bisa dilakukan untuk meminimalkan stres. Tidur yang cukup di malam hari dan hindari bekerja terlalu keras sehingga memicu stres. Prioritaskan untuk tidur daripada hal yang kurang penting, misalnya menonton acara TV di malam hari. Malam hari sebaiknya difokuskan untuk tidur dengan baik.

Olahraga

Lemak yang ada dalam tubuh menjadi pemicu munculnya perut buncit. Oleh karena itu perlu dihilangkan dengan berolahraga. Olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan, yaitu model 3R&R per minggu. Ini akan membantu menggunakan hormon testosteron untuk membentuk otot bukan lemak perut. Caranya adalah dengan berjalan kaki selama 1 jam untuk setiap hari, dan melakukan angkat beban dua kali seminggu. Tidak perlu berjalan terlalu cepat, pelan-pelan secara teratur.

Jaga Asupan Makanan

Jangan makan terlalu sedikit, terlalu rendah kalori, rendah karbohidrat, atau terlalu rendah lemak. Jangan terlalu berlebihan namun tetap jaga keseimbangan makan, tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ada beberapa diet yang bisa diikuti namun harus sesuai dengan ketahanan tubuh. Mengurangi porsi makanan bisa dilakukan jika memang kita sehari-hari terlalu banyak makan. Perhatikan juga apa yang biasa kita makan, apakah itu sudah sehat atau tidak.

Mencegah Stres

Stres kadang tidak kita sadari menganggu metabolisme tubuh. Ada banyak faktor stres yang dihadapi oleh wanita, misalnya masalah pekerjaan dan masalah rumah tangga. Tenangkan diri dan cobalah untuk mengatasinya dengan baik. Kita juga bisa mengonsumsi beberapa suplemen yang membantu untuk mengendalikan stres. Suplemen itu termasuk kunir, minyak ikan (diutamakan minyak krill karena mengandung phospholipids) dan rhodiola.

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita telah dijelaskan dalam langkah-langkah di atas. Stres dan pola hidup yang kurang sehat menjadi faktor penyebab yang perlu diatasi untuk mendapatkan perut datar idaman.

 

Tinggalkan Balasan