Cara Mengatasi Anak Hiperaktif dengan Tepat dan Nyaman

0
52
cara mengatasi anak hiperaktif
cara mengatasi anak hiperaktif

Anak hiperaktif seringkali dikaitkan dengan anak yang tidak bisa diam dan tidak mengenal kata lelah.  Mereka selalu aktif dalam bergerak dan bermain kesana kemari. Hal tersebut adalah kondisi yang normal bagi si kecil. Di masa pertumbuhan, si kecil memang harus aktif untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

Namun, anak hiperaktif seperti memiliki energi yang tidak ada habis-habisnya, tidak jarang mereka sulit untuk mengontrol aktivitasnya. Untuk itu, bunda perlu mengetahui cara mengatasi anak hiperaktif agar aktivitas si kecil lebih terarah. Dengan begitu, proses tumbuh kembang si kecil akan berjalan dengan baik.

cara mengatasi anak hiperaktif
cara mengatasi anak hiperaktif

Anak hiperaktif yang terus aktif bergerak kesana ke mari, memang diperlukan penanganan tepat untuk bisa mengoptimalkan potensi si kecil. Masih banyak orang tua yang bingung untuk menentukan langkah penanganan anak hiperaktif yang efektif. Beberapa cara mengatasi anak hiperaktif berikut, bisa menjadi solusi bunda di rumah.

  • Tidak membatasi waktu bermain anak

Anak hiperaktif memang cenderung untuk bergerak aktif tanpa kenal lelah. Terkadang orang tua akan menyuruh anak untuk tetap diam atau bahkan mengurangi waktu bermain si kecil. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat untuk diterapkan pada anak yang hiperaktif. Jangan terlalu membatasi waktu bermain anak, cukup ingatkan mereka untuk berhenti ketika waktunya istirahat.

  • Buat aturan yang jelas di rumah

Untuk mendisiplinkan anak hiperaktif anda perlu untuk bertindak tegas dan terstruktur. Bunda perlu untuk bersikap tegas dengan indikator yang jelas. Beritahu anak apa yang salah dan bagaimana yang benar agar anak bisa membedakan yang salah dan benar di kemudian hari.

  • Ajak anak untuk berolahraga bersama

Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk berolahraga guna mengalihkan energinya pada hal-hal yang positif. Bunda bisa mengajak si kecil untuk melakukan olahraga sederhana seperti senam irama, lompat tali atau berenang bersama.

  • Gunakan mainan seperti bola karet

Cara mengatasi anak hiperaktif yang bisa digunakan adalah dengan bermain menggunakan bola karet atau stress ball. Permainan ini bisa menjadi pengalih perhatian yang cukup baik untuk anak yang hiperaktif.

Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki anak selama masa pertumbuhannya, lengkapilah nutrisinya dengan rangkaian produk Dancow. Dancow Gum, growing up milk adalah susu pertumbuhan yang diformulasikan secara khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Inovasi baru yang dihadirkan oleh DANCOW 1+ dengan Nutritods, merupakan Susu Pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk Toddler Indonesia usia 1-3 tahun. Dengan kandungan nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk melindungi masa pertumbuhan si kecil dan mendukung eksplorasinya.