Cara Kerja Sistem Komputasi Berbasis Awan

0
806
komputasi berbasis awan
komputasi berbasis awan

Bagi anda yang tertarik dengan dunia teknologi dan komunikasi, tentu anda sudah sering mendengar istilah cloud computing bukan? Ya, tentu saja. Istilah yang satu ini bukan hanya akrab di kalangan tertentu, tapi masyarakat luaspun sudah bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan salah satu istilah yang menjadi bagian dari era baru pengembangan teknologi komputasi dan jaringan internet tersebut. System komputasi berbasis awan pada dasarnya adalah sebuah layanan yang memungkinkan anda utuk menjalankan suatu aplikasi pada computer melalui akses internet. Lalu bagaimanakah cara kerja dari system komputasi awan tersebut? Berikut penjelasannya:

  • System berkerja menggunakan internet yang dijadikan sebagai server dalam mengelola data.
  • System memungkinkan pengguna untuk tersambung dengan program melalui internet tanpa perlu melakukan tahapan instalasi.
  • System menyimpan data secara virtual.
  • System memproses data sesuai dengan perintah yang diinginkan pengguna.
  • System merupakan program yang ada di internet, bukan bagian dari program dalam komputer yang digunakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa ditarik garis besarnya bahwa system cloud memiliki fungsi yang cukup menunjang berbagai kegiatan khususnya dalam hal penyimpanan dan pengolahan data. Data yang anda simpan melalui layanan ini sangat aman dan bisa diakses kapanpun dan di manapun hanya dengan mengandalkan akses internet dan web browser dari suatu perangkat komputer bahkan smartphone sekalipun. Dengan begitu, cara kerja system cloud computing dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan keinginan penggunanya.