Cara Jitu Mengatasi Jamur Pada Lemari

0
32

 

perlengkapan rumah tanggaLemari merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga  yang paling dibutuhkan. Beberapa lemari biasanya dibuat dari bahan dasar kayu. Namun ada pula yang dibuat dari limbah kayu atau serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board).

Lemari selain sebagai tempat menyimpan pakaian bisa juga digunakan untuk fungsi lainnya. Seperti lemari buku, lemari hias, rak piring, rak sepatu, dan lain-lain. Ukuran lemari  pun cukup beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Ketahuilah untuk lemari dengan bahan serbuk gergaji (particle board) merupakan jenis lemari yang paling sering berjamur. Perawatan untuk perlengkapan rumah tangga dengan jenis ini memang tidak bisa disebut mudah. Apalagi jika suhu ruangan atau kamar yang cenderung lembab. Jamur akan sangat mudah berkembang.

Maka dari itu kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai cara jitu mengatasi jamur pada lemari. Berikut ada 6 cara jitu mengatasi jamur pada lemari.

  1. Jangan tempelkan lemari terlalu dekat dengan dinding. Hal ini haruslah dihindari karena ketika lemari dan dinding menempel maka suhu udara disela-selanya akan lembab dan mengakibatkan tumbuhnya jamur di sekitar lemari dan dinding. Anda bisa memberikan jarak 5 hingga 10cm.
  2. Bersihkan lemari minimal satu bulan sekali. Cara membersihkan lemari dengan bahan serbuk gergaji (particle board) memang harus rutin. Alangkah baiknya jika dijemur di bawah matahari langsung.
  3. Gunakan Alkohol atau minyak kayu putih. Saat lemari sudah terlanjur berjamur, bersihkan jamur yang menempel dengan lap kering, selanjutnya bersihkan dengan lap basah, lalu bersihkan dengan minyak kayu putih atau alkohol dan terakhir jemur hingga kering.
  4. Simpanlah kapur barus pada setiap bagian. Adapun cara lain yang ampuh singkirkan jamur yaitu dengan menghaluskan kapur barus lalu bungkus dengan kain dan gosokan ke setiap bagian lemari.
  5. Untuk mencegah jamur kembali tumbuh Anda bisa menggunakan lakban di bagian belakang lemari. Lakban yang berbahan plastik akan mengurangi kelembaban lemari dan membantu  proses pencegahan munculnya jamur.
  6. Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengatasi jamur yaitu dengan melapisi lemari dengan cat kayu yang berwarna bening yang sudah dicampur tiner. Cara ini sangat jitu untuk menghilangkan jamur pada lemari dengan bahan serbuk gergaji (particle board).

Demikian beberapa cara jitu yang dapat kamu aplikasikan untuk mengatasi jamur pada lemari. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan