Cara Jenius Atur Financial Planning Andalan Anda

0
72

Siapa yang tak ingin tata kelola Financial Planning menjadi lebih baik dan terarah? Namun, tak dipungkiri banyak pihak yang mengeluhkan proses pengaturan keuangan ini. Nah, Jenius hadir ditengah-tengah Anda guna memberikan solusi terkait masalah ini.

Kebutuhan di zaman ini dinilai mengalami cukup banyak peningkatan. Mulai dari kebutuhan pokok hingga dana pendidikan yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Daripada penasaran, yuk simak cara platform satu ini menyiasati tata kelola Financial Planning Anda!

Financial Planning
Financial Planning
  1. Stop Berbelanja secara Impulsif

Cara pertama menekan angka pengeluaran keuangan Anda ialah berbelanja. Khususnya secara impulsif. Bukan berhenti, namun mampu menekan sehingga akan tahu mana kebutuhan yang urgent ataupun tidak. Karena banyak orang yang terjerumus kedalam pola belanja impulsif ini. 

Contohnya, barang yang sebetulnya belum terlalu dibutuhkan malah dibeli. Hal ini tentunya akan berpengaruh kepada cash flow keuangan Anda bukan?

Untuk itu, ada cara khusus agar metode belanja Anda tidak impulsif. Yakni, buat budget khusus untuk shopping. Nominalnya bisa dimulai dari 10 persen dari penghasilan bulanan Anda.

Anda bisa juga mencoba fitur X-Card dari Jenius ini. Anda bisa mengatur uang belanja Anda dengan lebih mudah dengan fitur ini. Yang lebih menarik, Anda bisa kumpulkan uang budget untuk shopping tiap bulan. Dan bisa dibelanjakan saat ada promo sale, tentunya hal ini akan lebih hemat.

  1. Adanya dana khusus saat keadaan darurat

Mengapa poin kedua ini dinilai cukup penting? Hal ini dikarenakan bahwa hidup bukanlah suatu kepastian. Anda tentunya tak akan tahu kemana arah hidup membawa kita. Disaat masa transisi ekonomi, biasanya penggunaan dana darurat ini sangat dibutuhkan. Terlebih saat musibah datang melanda.

Untuk itu, mulai sekarang Anda harus memiliki dana darurat semacam ini. Untuk besaran dananya, bisa Anda sesuaikan dengan profil keuangan. Namun, ada baiknya jika Anda masih lajang, usahakan memiliki minimal 3 kali pengeluaran bulanan. Untuk yang telah berkeluarga bisa menyisihkan 6 kali dari pengeluaran bulanan. Dan bisa ditambahkan kelipatanya jika telah memiliki tanggungan, misalnya anak.

Karena nominalnya yang cukup besar, Anda  bisa mengumpulkan dana darurat dengan menyisihkan beberapa persen dari penghasilan bulanan. Bisa juga menambahkan dari sebagian THR atau bonus tahunan yang Anda miliki. Hal ini dimaksudkan Agar tidak tercampur dengan tabungan lain. Atau saat ada godaan sale yang menggiurkan.

Financial planning ini dibuat untuk mengatur siklus keuangan Anda. Agar nanti kedepannya, pengelolaannya jauh lebih sehat. More info klik jenius.