Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul Jogja

0
446

Sampai kini, Kabupaten Gunung kidul di Yogyakarta sama dengan gugusan bukit kapur yang gersang serta tandus, hampir sama dengan objek Wisata di Garut Hutan Mati Gunung Papandayan. Tidak ada yang salah dengan persepsi banyak orang perihal daerah ini. Namun, malah di Gunung kidul ada tidak kurang dari 15 pantai Gunung kidul yang menawan, maksud Tempat Wisata goa yang unik, dan pemandangan air terjun yang memikat.

Gunung kidul masih tetap menaruh potensi alam berbentuk aliran sungai yang membelah tebing-tebing tinggi. Satu diantaranya tampak dari Air Terjun Sri Gethuk ini. Uniknya, aliran air terjun ini tak mengetahui musim, baik musim hujan atau kemarau panjang sekalipun dengan terus mengalir tanpa ada henti. Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul yaitu kekhasan alam yang sungguh sayang bila ditinggalkan, terlebih saat Anda tengah berwisata ke Yogyakarta. Anda cuma butuh menaiki kendaraan serta melewati rimba kayu putih punya Perhutani agar bisa hingga di tempat.

Air terjun Gunung Kidul Jogja

Pada suatu ruang pemancingan yang juga berperan juga sebagai ruang parkir, perjalanan menuju air terjun mesti dilanjutkan dengan jalan kaki. Ada dua pilihan jalan yang dapat dilewati, yang pertama dengan menyusuri jalans setapak. Selama perjalanan Anda bakal melihat hamparan sawah dihiasi lambaian nyiur kelapa.

Sesaat pilihan ke-2 termasuk cukuplah ekstrim, Anda mesti melewati derasnya arus Sungai Oya dengan rakit simpel yang terbuat dari papan serta drum sisa. Perjalanan menuju tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul ini bakal sangatlah mengasyikkan bila dikerjakan saat pagi hari, ditambah lagi jika Anda pilih pilihan melewati Sungai Oya.

Pada pagi hari, arus Sungai Oya masih tetap terbilang tenang hingga perjalanan di pastikan bakal nyaman sambil nikmati hangatnya sapaan mentari pagi. Di selama aliran sungai, perdu serta belukar tampak demikian hijau alami di dalam kokohnya tebing-tebing Karst yang melindunginya pada segi kanan serta kiri sungai. Nada rakit yang memiliki irama mengungkap jernihnya air seakan berpadu dengan nyanyian alam yang sungguh menentramkan jiwa.