7 Jenis Bahan Bangunan Utama dalam Pembangunan Rumah

0
152
jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Membangun rumah menjadi solusi untuk Anda yang ingin memiliki rumah sendiri. Namun hal tersebut memang tidak mudah karena banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu bahan bangunan. Anda harus bisa memilih dan menentukan bahan bangunan terbaik sehingga bangunan rumah berkualitas sekaligus indah. Berikut ini ada 7 jenis bahan bangunan utama yang harus Anda siapkan:

jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Semen

Semen sangat berpengaruh pada kualitas bangunan rumah yang dihasilkan. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Fungsi semen yaitu merekatkan batu bata, keramik, dan lain sebagainya.

Kayu

Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan seperti kayu jati, kayu kelapa, kayu meranti merah, kayu kamper, dan lain sebagainya. Kayu biasanya digunakan untuk membuat jendela, rangka atap, kusen pintu, dan lain-lain.

Besi Beton

Pada pembangunan rumah, jenis bahan bangunan ini digunakan untuk rangka dari konstruksi. Jadi fungsinya sangat penting sehingga kualitasnya harus diperhatikan dengan baik. Beberapa jenisnya yaitu besi hollow, beton polos, beton ulir, besi siku, besi h-beam, dan besi wide flange.

Batu Bata

Beberapa jenis batu bata yang saat ini ada di pasaran yaitu batu bata batako, batu bata merah, batu bata hebel, batu bata purpose made, dan batu bata berlubang. Pilih batu bata sesuai kebutuhan dan juga budget karena harga serta kualitasnya berbeda.

Pasir

Sama halnya seperti bahan bangunan lain, pasir juga terdiri dari beberapa jenis seperti pasir beton, pasir merah, pasir pasang, pasir elod, dan pasir sungai. Jenis pasir yang dinilai paling baik adalah pasir merah dan pasir beton.  

Triplek

Triplek pada umumnya digunakan untuk membuat plafon rumah atau langit-langit. Beberapa jenis triplek yang banyak digunakan yaitu MDF, meranti multiplek, melaminto, dan particle board.

Paku

Paku memiliki fungsi untuk menyambungkan bahan bangunan seperti kayu dan triplek dengan bahan lainnya. Paku memiliki banyak ukuran mulai dari yang kecil berukuran 2cm hingga yang besar berukuran 12cm. Jenisnya pun berbeda-beda, mulai dari paku seng, paku beton, dan paku payung. 

Itulah 7 jenis bahan bangunan yang harus Anda siapkan dengan baik sebelum merancang pembangunan rumah. Untuk merek semen yang direkomendasi dalam pembangunan Anda adalah Semen Tiga Roda. Gunakan semen berkualitas ini agar rumah Anda juga berkualitas. Selengkapnya mengenai produk Semen Tiga Roda ada di website sementigaroda.com.