7 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Benar

0
932
Merawat Bayi Baru Lahir
Merawat Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir sangatlah rentan terhadap penyakit. bayi tersebut juga masih sangat lemah dan rapu, karena itu butuh perawatan yang khusus dari orang tua. Beberapa orang masih belum tahu bagaimana cara merawat bayi baru lahir dengan cara yang baik dan benar. Karena itu, disini akan segera diinformasikan cara yang baik benar agar anda dapat melihat bayi anda tumbuh dengan sehat dan kuat.

  1. Untuk menjaga pertumbuhan bayi agar dapat tumbuh dengan baik, anda harus membuat jadwal untuk pengecekan pertumbuhan bayi. Hal ini sangat penting karena jika ada yang salah dengan pertumbuhannya, maka indikasi gangguan akan segera dapat ditangani.
  2. Bayi yang telah menetap di rahim selama 9 bulan pastinya akan kaget ketika ke luar ke dunia yang sebenarnya. Buatlah si bayi merasa nyaman dengan cara terus bersama si bayi. Kehadiran orang tua akan sangat membantu pertumbuhan bayi.
  3. Asupan terbaik makanan dan gizi utama bayi adalah ASI. Untuk itu, susuilah bayi anda dengan ASI secara teratur.
  4. Jika anda baru pertama kali menghadapi bayi yang baru lahir, pastikan kebersihan dalam prioritas perawatan bayi. Kulit dan tubuh bayi yang baru lahir masihlah sangat sensitif, usahakan semua hal yang berhubungan dengan bayi anda terjamin kebersihannya.
  5. Meskipun kulit bayi masih sensitif dan rapuh, tapi anda juga tidak harus menetap dalam rumah sepanjang hari. Ajaklah bayi anda berjalan-jalan sesekali menghirup udara segar.
  6. Ketahuilah cara komnikasi bayi. Tangisan adalah satu-satunya cara komunikasi yang bisa bayi lakukan. Ketahuilah tanda tangisan tertentu agar anda bisa memahami si bayi dengan baik.
  7. Waktu tidur bayi memang banyak dan biasanya tidak tetap dalam 5 minggu setelah kelahirannya. Setelah itu bayi mempunyai jadwal tidur tetap dan mungki akan sedikit merepotkan orang tua di malam hari karena sering terbangun. Hadapilah bayi anda dengan cinta, jangan dengan logika dan emosi.

Nah, itulah 7 cara yang baik untuk merawat bayi baru lahir yang masih rentan dan rapuh. Semoga cara-cara diatas bisa bermanfaat dan menjadi infromasi yang berguna nantinya.