7 Cara Ini Dapat Menjaga Gula Darah Tetap Normal

0
757
kontrol gula darah

Gejala diabetes atau penyakit gula darah merupakan dampak dari gula darah yang tidak normal di dalam tubuh. Orang yang memiliki gula darah yang tinggi sangat berpotensi untuk mengidap penyakit gula darah atau Diabetes. Penyebab penyakit ini bisa dikarenakan konsumsi gula yang tidak terkendali atau bisa pula disebabkan karena gen (keturunan). Berdasarkan penelitian, penyakit diabetes belum ada obatnya tetapi bisa dikontrol dengan mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Salah satu caranya dengan mengatur pola makan yang sehat dan suntuk insulin untuk upaya medisnya.

Dari penjelasan di atas, disimpulkan bahwa sangat penting untuk menjaga gula darah normal di dalam tubuh. Bagaimana caranya:

  1. Olahraga secara teratur
    Olahraga berperan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Lakukan olahraga ringan seperti naik tangga, bersepeda, atau pun jalan kaki.
  2. Memilih camilan sehat
    Banyaknya makanan ringan yang tidak bergizi akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Maka, konsumsilah camilan sehat dan hindari makanan manis seperti permen dan kue dengan gula yang banyak.
  3. Kurangi gula pasir
    Gula pasir yang terlalu banyak di dalam tubuh menjadikan ginjal dipaksa menyaring gula. Gantilah gula Anda dengan gula Tropicana yang baik untuk keluarga dan untuk menghindari kadar gula yang tinggi di dalam darah.
  4. Diet sehat
    Faktor utama seseorang mengidap diabetes adalah kegemukan. Maka, kontrolah gula darah agar tetap stabil dengan melakukan diet sehat.
  5. Pilih pola makan yang sehat
    Lakukan pola makan yang seimbang antara makanan berat dan ringan. Perbanyak makanan hijau dan buah-buahan  berwarna cerah  untuk menjaga gula darah agar tetap normal.
  6. Hindari stress
    Stress berlebih akan meningkatkan kadar gula darah yang drastis, terlebih pada penderita diabetes. Lakukan refreshing dan share masalah kepada orang lain untuk menghindari stress.
  7. Perhatikan bobot tubuh
    Jagalah bobot tubuh agar tetap seimbang dan tidak obesitas. Orang yang obesitas lebih rentan terserang diabetes dibandingkan mereka yang berbobot normal.

Itulah beberapa cara untuk menjaga gula darah normal untuk menghindari penyakit diabetes. Sayangi dirimu dan lakukan pola hidup yang sehat untuk terhindar dari diabetes.