6 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Diburu Para Milenial

0
302
prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Teknik Informatika merupakan jurusan di bidang ilmu komputer yang mempelajari penggunaan komputer untuk menangani masalah transformasi serta pengolahan data menggunakan logika. Saat ini jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan dengan peminat terbanyak dan terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut tidak lain karena prospek kerja Teknik Informatika yang banyak dan menarik, terutama untuk para milenial.

Para milenial di masa kini memang sangat familiar dengan teknologi sehingga banyak dari mereka yang tertarik bekerja di bidang teknologi maupun ilmu komputer. Untuk Anda yang berminat bekerja di bidang TI, berikut ini ada 6 prospek kerja yang banyak diburu para milenial:

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Programmer

Banyak generasi milenial saat ini yang memiliki mimpi sebagai programmer. Programmer sendiri memiliki tugas membangun sebuah program dari tahap perancangan hingga implementasi. Seorang programmer umum harus menguasai banyak bahasa, seperti php, javascript, phyton, java, C, C#, dan lain sebagainya. Karena kemampuan programmer cukup luas maka peluang kerjanya juga tinggi.

Game Developer

Game sepertinya sudah menjadi aplikasi yang pasti ada di PC atau smartphone para milenial masa kini. Jika tertarik membangun game sendiri, maka Anda bisa masuk jurusan Teknik Informatika dan bekerja sebagai game developer. Mereka yang bekerja sebagai game developer memiliki tugas yaitu membangun game dari tahap awal hingga pengujian. Beberapa bahasa yang harus dikuasai yaitu C++, Maya Scripting Language, Java, dan Visual Basic.

Freelancer

Bagi para milenial berjiwa bebas, freelancer merupakan prospek kerja Teknik Informatika yang cocok untuk dimasuki. Karena bekerja secara freelance maka tuntutan yang diberikan perusahaan tidak sebesar jika Anda bekerja sebagai karyawan tetap. Gaji para freelancer juga tinggi apabila Anda bisa mendapatkan project besar.

Graphic Designer

Prospek kerja satu ini paling cocok untuk lulusan Teknik Informatika yang memiliki skill desain, sepert ilustrasi, tipografi, maupun fotografi. Anda yang ingin menjadi graphic designer harus mampu membuat desain yang menarik dan membuat pelanggan puas. Kemampuan utama yang harus Anda miliki jika ingin terjun sebagai graphic designer adalah CorelDRAW dan Photoshop.

Web Designer

Website saat ini menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan. Sebuah website yang profesional akan lebih menarik pengunjung dibandingkan website biasa. Tampilan atau desain menjadi faktor utama agar website terlihat profesional. Tugas dari web designer ini adalah merancang tampilan website agar menarik, efektif, dan efisien. Jadi tidak hanya tampilan yang menarik saja, tapi website juga mudah untuk diakses dan memiliki loading speed yang tinggi.

Mobile Application Developer

Aplikasi berbasis mobile saat ini menjadi aplikasi paling dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan promosi. Pasalnya, sebagian besar pengguna internet saat ini merupakan pengguna smartphone. Karena kebutuhan akan mobile application yang tinggi maka hal tersebut menjadi kesempatan bagi milenial untuk masuk. Anda yang ingin menjadi mobile application developer harus menguasai bahasa Java, C++, APIs, database, dan lain-lain.

Itulah 6 prospek kerja Teknik Informatika yang banyak diburu dan diinginkan oleh para milenial saat ini. Agar bisa menjadi pekerja IT yang hebat dan profesional, maka Anda harus menuntut ilmu sebaik mungkin. Pilihan perguruan tinggi yang menghadirkan banyak ilmu dan keuntungan seperti STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College.

Beberapa kelebihan jika menjadi mahasiswa IDS Digital College yaitu kurikulum berstandar internasional, sistem pembelajaran dengan pendekatan real world assignment, serta pengajar profesional dan berpengalaman. Informasi selengkapnya mengenai jurusan Teknik Informatika dari IDS Digital College bisa Anda simak di ids.ac.id.