6 Cara Membersihkan Berlian Sertifikat Agar Tidak Cepat Rusak

0
49
Berlian sertifikat
Berlian sertifikat

Batu berlian merupakan salah satu baru alam yang memiliki nilai tinggi dibandingkan dengan batu alam lainnya. Oleh sebab itu untuk penjualan batu alam tersebut, toko perhiasan akan memberikan berlian sertifikat sebagai bukti berlian tersebut asli. Seperti yang dilakukan oleh toko perhiasan besar milik Mondial & Kiss Mondial.

Dengan adanya bukti berlian sertifikat, belum tentu menyatakan berlian yang Anda miliki asli. Tetap harus selektif saat akan membeli berlian yang asli. Salah satunya adalah langsung ke toko perhiasan asli.

Dan memiliki berlian asli itu artinya Anda diwajibkan untuk menjaga nilai dari berlian tersebut. Karena bila terdapat goresan pada berlian, maka harga jual pada berlian juga bisa turun.

Nah berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga berlian asli di rumah. Seperti ulasan di bawah ini!

Berlian sertifikat
Berlian sertifikat

Cara Menjaga dan Merawat Berlian Sertifikat Asli

Ada 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan menjaga agar berlian tampak selalu baru. Caranya pun cukup mudah, bahkan bisa dilakukan di rumah. Adapun cara yang bisa Anda lakukan antara lain adalah :

  • Bersihkan berlian dari debu seminggu sekali

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan berlian dari debu minimal sekali dalam seminggu. Tidak perlu setiap hari, yang terpenting Anda wajib untuk menyiapkan waktu membersihkan berlian setiap minggunya. Caranya bisa dengan menggunakan kain lap yang bersih dan lembut, atau juga dengan cairan khusus pembersih berlian dan di lap dengan kain kering.

  • Jauhkan dari paparan klorin

Cairan klorin memang tidak berbahaya untuk berlian. Namun cairan klorin sangat berbahaya bila langsung terkena emas yang digunakan sebagai pengikat berlian. Cairan klorin yang terlalu sering mengenai emas akan membuat emas melunak. Kalau sudah melunak, dikhawatirkan dapat melonggarkan ikatannya pada berlian, bila sudah demikian Anda harus waspada berlian terlepas sewaktu-waktu.

  • Jauhkan dari produk yang mengandung bahan kimia

Terkadang kaum hawa sering lupa untuk melepaskan perhiasan yang terdapat berlian saat akan menggunakan produk-produk skincare. Tanpa mereka sadari kandungan kimia yang terdapat produk skincare dapat membuat berlian menjadi rusak. Berlian yang terlalu sering terpapar bahan kimia seperti parfum, lotion, produk kosmetik dan lainnya akan membuat kilau pada berlian cepat memudar. Bila sudah begitu, akan membuat berlian tampak seperti asli. Sehingga dapat membuat tampilannya jelek dan tidak sedap dipandang

  • Pisahkan berlian dengan perhiasan lainnya

Jangan anggap remeh begitu saja saat Anda memiliki banyak perhiasan, termasuk berlian sertifikat asli. Karena masih banyak perempuan yang awam, belum memiliki pengetahuan umum mengenai berlian. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan perhiasan berlian secara bersamaan atau menumpuk. Dan sangat disarankan pula bila penempatan berlian ditaruh pada tempat khusus dan tidak dijadikan satu dengan perhiasan lainnya. Untuk menghindari perhiasan lainnya dari goresan yang disebabkan oleh berlian.

  • Jauhkan dari air

Berbeda dengan perhiasan jenis lainnya. Perhiasan yang dihiasi dengan berlian tidak dibolehkan untuk terkena air secara langsung. Karena tanpa Anda ketahui, nilai berlian yang sering terkena air akan merosot nilainya. Sehingga saat akan dijual kembali, tentu Anda tidak akan mendapatkan nilai yang tinggi, melainkan nilai yang jauh dari harga berlian asli. Oleh sebab itu, sebaiknya lepas terlebih dahulu berlian yang menempel pada tubuh, tunggu sampai benar-benar kering, kemudian dipakai kembali.

  • Jangan lupa untuk diasuransikan

Nah, bila Anda memutuskan untuk membeli berlian asli jangan sampai lupa mengasuransikan berlian tersebut. Tujuannya pun tak lain adalah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara untuk merawat dan menjaga berlian sertifikat asli? Semoga ulasan di atas bermanfaat yah!