5 Tips Menaikkan Berat Badan Anak

0
45

Berat badan anak terkadang menjadi suatu masalah yang mengerikan bagi beberapa ibu. Tak jarang mereka memberi susu formula terbaik untuk menggemukkan sang buah hati. Sebenarnya, anak gemuk tidak lantas menjamin bahwa mereka sehat. Demikian juga sebaliknya, yang kurus belum tentu sakit-sakitan atau mengalami gizi buruk. Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa seorang anak kurang gizi hanya karena badannya yang terlihat kecil.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan anak.

Susu formula terbaik
Susu formula terbaik
  • Memberi susu tambahan

Jika Anda ingin menambah berat badan si kecil, memberi susu tambahan merupakan salah satu pilihan. Jangan lupa untuk memilih susu formula terbaik, ya. Saat ini sudah banyak susu yang diformulasikan khusus untuk menambah berat badan anak. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

  • Menawarkan makanan sesering mungkin

Makan dengan porsi kecil namun sering bisa dijadikan salah satu cara untuk menambah berat badan. Tentu saja jenis makanan yang diberikan harus menu sehat. Jangan sampai sering memberikan junk food untuk anak. Hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatannya di kemudian hari.

  • Pilih makanan dengan jumlah kalori tinggi

Jumlah kalori adalah jumlah energi yang bisa dihasilkan dari makanan. Jika ingin menambah berat badan anak, tentunya asupan kalori yang masuk harus lebih besar dibanding jumlah kalori yang dikeluarkan. Disini Anda harus cermat dalam memilih makanan berkalori tinggi untuk sang buah hati. 

  • Lengkapi gizinya dengan buah dan sayuran

Buah dan sayuran selalu menjadi pelengkap yang sangat menyehatkan. Dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut, metabolisme dalam tubuh anak menjadi lancar. Hal ini menghasilkan siklus pencernaan yang lebih sehat, sehingga anak bisa merasakan lapar.

  • Beri asupan lemak dalam menu makanannya

Lemak ikut menyumbang kenaikan berat badan anak. Menambahkan asupan lemak dalam menu makanannya bisa dengan cara ditumis. Namun pastikan bahwa lemak yang ditambahkan adalah jenis lemak baik, ya. Misalnya saja olive oil atau coconut oil.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan anak. Jika ingin memberi susu tambahan, pilihlah susu formula terbaik. Namun tetap ingatlah bahwa setiap gen yang dibawa anak selalu unik dan berbeda, tidak masalah kurus asal sehat dan ceria. Selamat mencoba!