5 Alasan Mengapa Pembayaran dengan Uang Digital Lebih Masuk Akal

0
61
uang digital
uang digital

Indonesia saat berada di titik puncak perubahan besar, dari ekonomi berbasis tunai 97% sebelumnya menjadi ekonomi non tunai. Dengan latar belakang demonetisasi, muncul sekumpulan konsumen dan pedagang baru yang tidak menyadari atau tidak terbiasa dengan pembayaran digital.

Kondisi semacam ini mendorong kebutuhan untuk mendidik “pemula” tentang mengapa cara tersebut dapat menyederhanakan hidup untuk semua orang. Berikut beberapa alasan mengapa masuk akal untuk beralih ke pembayaran menggunakan uang digital yang salah satunya dikelola oleh Bank Danamon.

  1. Kenyamanan & Kecepatan
uang digital
uang digital

Alasan paling dasar mengapa seseorang harus beralih ke dalam bentuk transaksi digital adalah kemudahan yang dibawanya. Berbagai bentuk pembayaran digital membuatnya lebih nyaman.

Seperti membayar tagihan secara online atau melalui ponsel Anda, membeli tiket transportasi umum dengan e-wallet atau menggunakan berbagai jenis kartu transaksi untuk pembelian, semuanya telah menjadi lebih cepat hanya dalam hitungan detik. Secara digital, Anda dapat membayar apa pun, kapan pun, dimana pun dengan benar sebagai sebuah bentuk perubahan yang tepat.

  1. Keamanan

Peraturan pembayaran di Indonesia diatur oleh lembaga yang berwawasan ke depan namun berhati-hati yang berarti pemerintah peduli dengan perlindungan warganya. Cara penggunaan uang digital secara tidak langsung telah memperkenalkan berbagai langkah untuk mengamankan transaksi dan terus melakukannya secara teratur.

Berbagai undang-undang dan peraturan untuk berbagai transaksi secara real-time adalah beberapa langkah pertama. Cara transaksi ini ditingkatkan lebih lanjut dengan otentikasi berbasis biometrik dan juga dilengkapi dengan langkah-langkah pencegahan dari penipuan yang makin marak.

  1. Keamanan & Perlindungan Konsumen

Bersamaan dengan tindakan proaktif seperti di atas, terdapat mekanisme ganti rugi yang melindungi konsumen jika terjadi pelanggaran. Ketika Anda kehilangan dompet / uang tunai, Anda tahu bahwa semuanya akan hilang begitu saja dan sulit untuk dilacak. Dengan instrumen pembayaran menggunakan uang digital, semuanya menjadi lebih sederhana.

Artinya adalah ketika Anda kehilangannya, Anda dapat memblokirnya seketika itu juga, hal ini dapat membatasi Anda dari kehilangan. Anda juga dapat mengajukan tolak bayar dan sengketa atas transaksi yang ditagihkan kepada Anda jika Anda menemukan hal yang tidak sesuai. Jika Anda menghadapi penipuan dan melaporkannya tepat waktu, ada manfaat bahwa Anda tidak harus membayar ketidaksesuaian transaksi tersebut.