4 Peran Ayah yang Penting Bagi Anak Remaja

0
997
peran ayah
peran ayah

Masa remaja adalah saat yang bergejolak, tak peduli siapa saja dan dari kalangan mana pun. Perubahan di tubuh dan lingkungan, serta masa-masa tanggung di mana mereka terjebak antara anak kecil yang mulai beranjak dewasa, memberikan sumbangan kesulitan di dalam tahap perkembangan ini. Di sinilah, tak hanya ibu yang harus berperan, tetapi juga menunjukkan betapa pentingnya peran ayah.

Peran seorang ayah tak hanya terbatas pada anak laki-lakinya. Bagi anak perempuannya, sosok ayah inilah yang akan memberikannya model bagaimana harus berinteraksi dengan lawan jenis, dan bagaimana harus bersikap. Nantinya pun, ayah akan menjadi tolak ukur pacar ataupun suami yang akan didapatkannya. Anda sebagai seorang ayah tentu tak bisa meremehkan pentingnya peran ini.

Baik Anda mempunyai anak laki-laki ataupun perempuan, sebagai ayah, inilah yang bisa Anda lakukan:

  1. Sebagai teladan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda akan menjadi tolak ukur anak perempuan Anda ketika berinteraksi dengan teman laki-lakinya. Beri pengertian bagaimana harus bersikap, berbicara, dan meneladani.

  1. Contoh bagi remaja laki-laki

Ini saatnya mendiskusikan perubahan-perubahan biologis yang mereka hadapi. Bimbing mereka bagaimana harus bersikap terhadap teman dan lawan jenis. Tekankan pada mereka betapa pentingnya menghormati dan menghargai lawan jenis.

  1. Kenali motivasi anak

Remaja mulai membentuk identitas diri mereka, dengan pengaruh dari berbagai faktor. Kenali ulang anak Anda di saat seperti ini, apa yang menjadi motivasi mereka, apa impian mereka, dan dukung serta berikan fasilitas jika Anda bisa.

  1. Kenali teman-temannya

Ini masa di mana anak lebih mendengar teman-teman mereka daripada Anda. karena itu, jadilah sahabat anak Anda. Jangan menghakimi, tetapi bersikaplah ramah, mau bergaul dan kenal dengan teman-temannya.

Periode remaja adalah masa yang sulit bagi siapa saja, tak hanya pada remaja itu sendiri, tetapi juga Anda sebagai orangtuanya. Mereka mulai mempunyai rahasia mendalam, menemukan identitas, dan juga menyadari tempat mereka di dunia ini. Di saat seperti ini, peran ayah sangatlah penting supaya anak remajanya tak hilang di dalam masa pencarian ini. Arahkan mereka ke jalan yang benar dan dampingi mereka agar tak tersesat.