3 Cara Terbaik Memulai Dasar Belajar Online Marketing Khusus Pemula

0
22
belajar online marketing
belajar online marketing

Tekun dan sabar adalah beberapa hal yang harus ada saat Anda belajar online marketing. Akan ada begitu banyak hal yang harus dipelajari namun harus tetap mengacu pada step by step. Mulai dari SEO, content marketing, landing page, backlink, dan sebagainya.

Mungkin Anda termasuk dari sekian banyak orang yang merasa bingung harus memulainya dari yang mana dulu, apakah SEO atau content marketing dulu. Mari kita bahas lebih dalam lagi mengenai 3 strategi penting belajar online marketing secara bertahap, antara lain: 

1. Keyword Research

Sebelum Anda mulai menulis, pastikan lakukan riset terlebih dahulu terakit dengan topik yang ingin Anda bahas. Semakin hype topik semakin baik untuk meningkatkan jumlah pembaca. Cobalah memanfaatkan fitur gratis yang banyak digunakan oleh para marketer, contohnya Google trends.

Untuk keywords yang disematkan dalam artikel bisa dengan mudah mencarinya menggunakan tools seperti Moz. Atau Anda ingin cara yang lebih mudah lagi untuk mendapatkan keywords guna menaikkan sitetraffic, cukup gunakan Google Search. Dengan mengetikkan kata yang ingin dicari, Anda bisa tahu kata-kata apa saja yang paling banyak dicari. 

2. Konten Marketing

Belajar online marketing memang tidak bisa lepas dengan konten. Salah satu cara paling apik adalah storytelling. Ya dengan bercerita karena setiap orang senang sekali dengan bercerita dan mendengar cerita. Dengan memasarkan atau memperkenalkan brand melalui storrytelling, konten akan menjadi semakin viral.

Contoh yang sempat viral adalah iklan salah satu departement store yang dibumbui dengan liriknya yang dinyanyikan dengan logat khas atau iklan ojek online. Ketika konsumen sudah tertarik, publik bahkan tidak masalah pada iklan konten tersebut. 

3. Email Marketing

Di zaman yang serba online ini, Anda pasti memiliki akun di beberapa e-commerce dan sering mendapat email dari mereka. Inilah peran dari email marketing. Email marketing bertujuan agar pemilik brand bisa tetap terhubung dengan customer. Cara ini merupakan cara yang efektif selain untuk personal branding, bisa juga untuk mengubah costumer menjadi konsumen loyal Anda. 

Demikianlah 3 cara terbaik untuk belajar dasar-dasar dari online marketing. Untuk tahap selanjutnya Anda bisa terus pantau artikel kita selanjutnya demi menambah ilmu dan wawasan Anda tentang pemasaran secara online.