3 Cara Mengatur Keuangan Keluarga

0
189
Cara Mengatur Keuangan Keluarga
Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Seorang wanita dianugerahi skill multitasking untuk menjadi istri dan ibu rumah tangga yang baik bagi keluarganya. Tak heran jika kaum hawa sering disebut sebagai wonder woman. Salah satu tugas penting istri adalah menjadi bendahara rumah tangga. Oleh karena itu, ilmu tentang cara mengatur keuangan keluarga wajib dikuasai. Sebagai istri yang baik, Anda harus bisa menjaga kondisi finansial keluarga dalam posisi aman terkendali. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengatur keuangan keluarga.

Cara Mengatur Keuangan Keluarga
Cara Mengatur Keuangan Keluarga
  • Sesuaikan jumlah pemasukan dengan pengeluaran

Poin terpenting dalam cara mengatur keuangan keluarga adalah menyesuaikan jumlah pemasukan uang setiap bulan dengan jumlah pengeluaran nya. Anda harus mengetahui apa saja sumber penghasilan yang didapat lengkap dengan rincian jumlahnya. Setelah itu, buatlah list kebutuhan yang hendak dicukupi. Daftar ini sangat membantu Anda dalam mengatur jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Pastikan bahwa pengeluaran tidak melebihi pemasukan, ya.

  • Buat skala prioritas terhadap biaya hidup

Langkah selanjutnya adalah membuat skala prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini untuk memudahkan Anda apabila jumlah pengeluaran melebihi pemasukan yang diperoleh. Jika itu terjadi, maka Anda tinggal mengikuti skala prioritas yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Dengan demikian, kondisi finansial akan tetap stabil. Ingat, jangan mudah berhutang, apalagi hanya untuk memenuhi gaya hidup saja. Anda bisa mencari penghasilan tambahan jika pemasukan dirasa masih kurang.

  • Miliki catatan pembukuan yang rapi

Catatan pembukuan yang rapi akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin menelusuri perjalanan keuangan keluarga. Tidak harus memiliki buku dan mencatat secara manual, saat ini sudah ada aplikasi yang bisa Anda gunakan, yaitu jenius. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Anda bisa dengan mudah menabung, bertransaksi, dan mengatur keuangan hanya melalui satu aplikasi saja. Sangat mudah bukan? Di zaman yang serba online ini semua bisa dilakukan hanya dengan smartphone saja.

Itulah beberapa tips cara mengatur keuangan keluarga yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, ya. Selamat mencoba!