2 Cara Mengajari Anak Menulis

0
1489
Cara mengajari anak menulis
Cara mengajari anak menulis

Para orang tua tentunya ingin melihat anaknya mengalami perkembangan yang baik dalam prestasi belajarnya, namun sayangya tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama ketika mereka mulai belajar. Seperti dalam belajar menulis, tidak semua anak yang masuk sekolah dasar memiliki keterampilan menulis.

Ada banyak siswa yang belum bisa menulis dikarenakan banyak hal terutama perhatian dan bimbingan dari orang tua. Nah sebagai orang tua yang peduli terhadap anaknya, sudah menjadi kewajiban bagi anda selaku orang tua yang memiliki waktu banyak dengan anak untuk mengarahkan dan membimbinya dalam menulis. Dan begitu pun dengan orang tua, dimana tidak semua orang tua mengetahui cara mengajari anak menulis dengan baik.

Sebenarnya dalam mengajarkan anak untuk menulis cukup sederhana, namun ketelatenan dan kesabaran mesti dimiliki. Sifat anak yang sulit untuk diarahkan, tentunya membuat hati kesal, namun biarkan saja dan jangan paksa mereka untuk belajar. Namun jika mereka sudah ingin belajar, maka berikut adalah beberapa cara mengajari anak menulis yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu :

Melatih kelenturan tangan

Yang biasa dilakukan oleh para guru sekolah dasar ketika mereka mengajari muridnya untuk menulis pertama kali adalah dengan cara melatih tangan murid supaya lentur. Adapun caranya yaitu dengan memutarkan pensil terus menerus secara bergantian putaran, setelah itu berikan contoh membuat sebuah garis dan memberi mereka tugas untuk menuruti apa yang anda tulis.

Mengenalkan huruf dan mencoba menulisnya

Pengenalan huruf mesti yang pertama dilakukan setelah melatih kelenturan. Berikan contoh menulis huruf dengan cara bermain agar menyenangkan, seperti menulis huruf A dengan cara membuat pola yang nantinya akan diikuti oleh anak. Jika sudah lancar, maka anda bisa menambahkan beberapa hurup lagi sampai mereka benar-benar bisa membuat huruf sendiri.

Dua hal dasar tersebut menjadi titik tolak pada anak dalam melatih keterampilan menulisnya. Namun sebelum anda mengajari anak untuk menulis, sebaiknya mengajari mereka untuk membaca terlebih dahulu. Dengan begitu, mereka tahu bentuk huruf yang akan mereka tulis.